Menjadi KIM Jaman Now

2018 03 20 11.53.22

Grobogan, KIM.
Menjadi kabupaten terluas ke dua se Jawa Tengah menjadikan masyarakat di Kabupaten Grobogan dihadapkan pada kendala memperoleh informasi serta mengakses informasi tentang program - program pemerintah.
Terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan memerlukan penanganan serta peran serta masyarakat agar informasi yang berkembang terlepas dari unsur berita bohong.
Upaya penanganan antara lain dapat diakukan dengan mendorong kelompok masyarakat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.
Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Kabupaten Grobogan yang sudah tersebar di 9 Kecamatan, Meliputi Tanggungharjo (Ringinpitu), Tegowanu (Medani), Grobogan (Sumber Jatipohon), Godong (Jatilor), Kedungjati (Jumo), Wirosari (Kalirejo), Karangrayung (Mojoagung), Ngaringan (Kalangdosari) serta Kradenan (Crewek) mempunyai tugas berperanserta menyebarkan informasi yang tepat kepada masyarakat.
"Jika KIM berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan program pembentukannya, maka KIM bisa menjadi central informasi bagi masyarakat yang  manfaatnya dapat dirasakan langsung", ujar Slamet Karomi, Anggota KIM Medani Berdikari, Desa Medani Tegowanu kepada KIM (Selasa 20/3/18).
Senada Nur Yanti, anggota KIM Jati Lestari Desa Sumber Jatipohon Grobogan menegaskan bahwa masyarakat dapat memperoleh informasi salah satunya melalui KIM.
"Itu clear, dan pasti masyarakat memperoleh informasi bisa dari media apapun, termasuk salah satu diantaranya melalui KIM", jelasnya.
Hal yang serupa diungkapkan KIM di kecamatan Kradenan, KIM Crewek. Melalui perwakilannya, Peri Kiswanto, berharap agar KIM senantiasa untuk mengedepankan kepatutan dalam bermedia sosial.
"Terkait dengan postingan di medsos, ya KIM harus posting informasi yang dibutuhkan masyarakat, tentu dengan mengedepankan kepatutan", harapnya.

Ternyata peranan KIM dalam penyebaran informasi Up to Down (Pemerintah ke masyarakat) maupun sebaliknya memang dibutuhkan. Karena KIM nantinya akan senantiasa menggali, berdiskusi, serta menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Apalagi untuk menyesuaikan seperti  sekarang, menjadi KIM Jaman Now adalah tuntutan.
 

Jumlah Pengunjung

Today 40

Yesterday 28

Week 188

Month 172

All 46724

Currently are 11 guests and no members online

Lokasi Sekretariat KIM

© 2021. KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kabupaten Grobogan. All Rights Reserved.

Main Menu